Notasi Algoritma Pembuatan KTP Dengan Tipe Data Bentukan dan Array

Type Data Bentukan

Gmbr Blog

Gambar di atas merupakan contoh dari tipe data bentukan. Sebelum kita membuat “Notasi Algoritma Program KTP dengan Tipe Data Bentukan, lebih afdhol kalo kita mengenal dahulu apa itu Tipe Data Bentukan.

Menurut Buku Diktat Prosedural yang di kasih sama suhu ane, Tipe Data Bentukan merupakan suatu TYPE yang dirancang/ dibentuk (dan diberi nama) dari beberapa komponen bertipe tertentu, jadi merupakan sekumpulan elemen bertipe dasar atau bertipe yang sudah dikenal. Tipe bentukan dibuat/didefinisikan karena perancang program memutuskan bahwa keseluruhan (hasil komposisi) komponen tipe tersebut mempunyai sebuah makna semantik ada relasi yang persis antara satu elemen dengan yang lain. Operasi terhadap komponen (elemen) bertipe dasar dilakukan seperti yang didefinisikan pada tipe dasar. Operasi terhadap keseluruhan tipe mungkin didefinisikan atau tidak.

Kalau menurut saya sih, tipe data bentukan itu suatu tipe yang dibuat sendiri sehingga nantinya dapat memudahkan sang programmer dalam melakukan pemanggilan variabel.

Format penulisannya begini nih,

type namatype : < elemen1 : type1,
                  elemen2 : type2,
                  ... >

Tipe data bentukan harus dibentuk menurut pembentuk tertentu yaitu Konstruktor, atau adanya komponen type yang harus dapat diacu oleh selektor.

Array

objects-tenElementArray

Array, apa itu array? apa semacam minuman ringan yang dijual di minimarket ama warung itu ya? hmm. (Ale-Ale itu bos).. Lebih baik cari pengertiannya dari sumber yang terpercaya dulu deh.. hihi

Menurut kakak Wikipedia, Array adalah kumpulan / urutan elemen-elemen data yang bertipe sama dan bentuk syntax-nya adalah tipe_array nama_array [konstanta].

Kalau di buku Diktat Prosedural, Tipe Array adalah tipe yang mengacu kepada sebuah atau sekumpulan elemen melalui indeks. Elemen dari array dapat diakses langsung jika dan hanya jika indeks terdefinisi (ditentukan harganya dan sesuai dengan domain yang didefinisikan untuk indeks tersebut). Array biasanya disebut juga tabel, vektor atau larik.

Btw, mantengin teori malah bikin pusing ya..? haha. Oke deh langsung cuss aja ke inti dari postingan ini.

Dibawah ini merupakan contoh penerapan Tipe Data Bentukan dan Tipe Array.

Kasus : Buatlah program pembuatan KTP dengan bertipe data bentukan dan array.

Judul :
  Program Pembuatan KTP
Kamus :
  Type Nama : < Awl <-- String,
                Tgh <-- String, //Mendefinisikan type nama awal,tengah,dan akhir
                Akh <-- String >

  Type Date : < DD <-- Integer,
                MM <-- Integer,      //Mendefinisikan type Hari,Bulan dan Tahun
                YY <-- Integer >

  Type TTL : < Tmpt <-- String,
               TL   <-- Type Date > //Mendefinisikan type tempat dan tanggal lahir

  Type Almt : < RT,RW   <-- Integer,
                Kel,Kec <-- String  > //Mendefinisikan type Alamat lengkap

  Type KTP : < NIK      <-- Integer,
               Nm_Lgkp  <-- Type Nama,
               DOB      <-- Type TTL, //DOB = Date Of Birth
               Gender   <-- Char,
               Addrs    <-- Type Almt, //Mendefinisikan type KTP
               Agama    <-- String,
               Stats    <-- String,
               Kerja    <-- String,
               Ngra     <-- String,
               Tgl_Laku <-- Type Tanggal >

  Katepe[10] <-- Type KTP //jumlah array yg ditampung 10 orang
  x,i        <-- Integer //Looping Array Katepe

Deskripsi :
 
  Output "Program Kartu Tanda Penduduk"
  x -> 1
  While (x <= 10)
  { Input "NIK : .. ", Katepe[x].NIK
    Input "Nama Awal : .. ", Katepe[x].Nm_Lgkp.Awl
    Input "Nama Tengah : .. ", Katepe[x].Nm_Lgkp.Tgh
    Input "Nama Akhir : .. ", Katepe[x].Nm_Lgkp.Akh
    Input "Tempat/Tanggal Lahir : .. , .. - .. - .. ", Katepe[x].DOB.Tmpt , Katepe[x].DOB.TL.DD , Katepe[x].DOB.TL.MM, Katepe[x].DOB.TL.YY
    Input "Jenis Kelamin : .. ", Katepe[x].Gender
    Input "Alamat : ../.., .., .. ", Katepe[x].Addrs.RT , Katepe[x].Addrs.RW, Katepe[x].Addrs.Kel, Katepe[x].Addrs.Kec
    Input "Agama : .., Katepe[x].Agama
    Input "Status Nikah : .., Katepe[x].Stats
    Input "Pekerjaan : .., Katepe[x].Kerja
    Input "Kewarganegaraan : .., Katepe[x].Ngra
    Input "Berlaku Hingga : ..-..-.. Katepe[x].Tgl_Laku.DD ,Katepe[x].Tgl_Laku.MM, Katepe[x].Tgl_Laku.YY
    Output "KTP Ke .. dari 10 KTP" , x
    x -> x + 1
  }
  Do
  for (i=1;i<=10;i++)
  {
    Output "Katepe[i]"
  }

Kok gak banyak kayak postingan yang kemarin? ya soalnya saya memakai Tipe Data Bentukan sama Array. Kalau make cara yang kemaren sih ya bisa ampe 3 page ga kelar. Hihi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s